cara-atasi-tidak-bisa-install-windows-karena-masalah-partisi-mbr-atau-gpt oleh indotutorial

Cara Atasi Tidak Bisa Install Windows Karena Masalah Partisi MBR atau GPT

Windows 10 menurut saya salah satu hasil karya system operasi windows yang keren dan yang paling saya suka. Powerfull, dilengkapi antivirus, banyak settingan default di system yang sangat membantu dan memudahkan user. Updatan paketnya juga stabil selama ini.

Kemudian tiba saatnya drive C saya kena virus dan mengharuskan untuk menginstall ulang windows 10. Kemudian saya install ulang windows 10 dengan menggunakan usb booting. (Jika anda ingin mengetahui cara install windows 10, maka silahkan link disini).

Sampai pada tahap membuat partisi di hardisk baru, saya pun memulai dengan membagi hardisk menjadi 2 drive. Namun ketika saya format drive 0 partition 1, dan 2 malah saya tidak bisa menuju langkah selanjutnya dan muncul error seperti ini :

cara-atasi-tidak-bisa-install-windows-karena-masalah-partisi-mbr-atau-gpt

Terlihat di notifikasi error yaitu Disk 0 Partition 1 yang akan saya installkan windows bukan merupakan GPT(GUID Partition Table) disks. Karena terpartisi MBR (Master Boot Record). MBR dari system operasi saya yang lama sepertinya yang membuat saya tidak bisa partisi karena system mengharuskan menggunakan standart yang baru yaitu GPT pada sistem UEFI (hal ini dapat dilihat pada boot system bios).


Jadi, langsung saja saya mau jelaskan sedikit Cara Atasi Tidak Bisa Install Windows Karena Masalah Partisi MBR atau GPT :


Step 1
: Silahkan close popup installannya dan menekan shift + F10, untuk menggunakan command prompt dalam menyelesaikan masalah yang ada (Cara ini bisa kita lakukan jika Hardisk yang kita lakukan bisa di cleanup atau dibersihkan artinya data disemua hardisk akan hilang. Cara ini tidak saya lakukan di kasus yang saya hadapi. Namun saya ingin membagikan cara ini berdasarkan beberapa artikel yang saya baca).

Step 2 : Setelah masuk ke command prompt silahkan ketik diskpart kemudian ketik list disk untuk melihat drive partition kita.

cara-atasi-tidak-bisa-install-windows-karena-masalah-partisi-mbr-atau-gpt-command


Step 3
: Setelah itu terlihat ada dua disk. Disk 0 dan Disk 1. Karena saya mau menginstall Windows 10 di Disk 0, jadi saya akan select disk tersebut dengan mengetik select disk. Kemudian saya akan membersihkan drive 0 dengan mengetik clean pada command prompt.

Step 4 : Kemudian disk 0 sudah ready untuk diganti ke GPT dengan mengetik convert gpt.

Step 5 : Ketik Exit untuk keluar dari command promptnya. Ingat untuk menjalankan perintah di command prompt pastikan tekan enter.

Step 6 : Sampai pada langkah ini harusnya sudah bisa Drive Partisi kita untuk melakukan Penginstallan Windows 10.

Kemudian cara yang berikut ini adalah dengan menggunakan bantuan PC yang lain (Cara ini yang saya gunakan pada kasus yang saya hadapi – simple dan mudah).

Step 1 : Pasangkan hardisk yang akan anda install windows ke PC yang lain. Dengan ketentuan bahwa hardisk ini dijadikan slave. Atau second system. Bukan sebagai Primer HD booting.

Step 2 : Setelah itu switch on Windows seperti biasa dan pergi ke control panel, dan cari disk management.

Step 3 : Cari Drive 0 partition 1 yang tidak bisa kita Install Windowsnya, kemudian delete dan format ulang Drive itu. Selesai. Untuk pastiin bahwa drive yang anda format GPT maka klik kanan di drive disk tersebut dan lihat seperti gambar ini :

cara-atasi-tidak-bisa-install-windows-karena-masalah-partisi-mbr-atau-gpt-convert

Jika Format HD masi di MBR maka Silahkan klik Conver to GPT Disk. Namun jika bagian ini disable maka kita masi bisa menggunakan program gratisan yang menurutku keren. Namanya MiniTool partition wizard technition. Link download bisa kesini.

Step 1 : Setelah selesai install programnya seperti biasa, kemudian jalankan as administrator.

 

Step 2 : Lihat di sebelah kanan dan klik pada Hardisk yang akan di ganti dari MBR to GPT (bukan di drive hardisknya).

Cara Atasi Tidak Bisa Install Windows Karena Masalah Partisi MBR atau GPT - minitool

Step 3 : Pada kolom sebelah kiri, pilih CONVERT MBR DISK TO GPT DISK.

Cara Atasi Tidak Bisa Install Windows Karena Masalah Partisi MBR atau GPT - Convert

Step 4 : HD dan drive type nya akan berubah dari primery menjadi GPT. Klik Save pada button APPLY di pojok kiri atas dan klik ok kalau ada message box untuk menjalankannya.

Cara Atasi Tidak Bisa Install Windows Karena Masalah Partisi MBR atau GPT - Apply

Selesai.

Catatan :
Dari semua penjelasan diatas kita akan menemukan beberapa perbedaan pada saat Format di Cara kedua dengan menggunakan Disk Management, jika PC yang kita gunakan pada biosnya system UEFI nya sama dengan system pc kita yang rusak tadi. Pada kasus saya, bios saya adalah bios mainboard asrock.

#windows10 #tips&trik

Bagikan :

2
Komentar

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
IndoTutorialagus Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
agus
Guest
agus

mau tanya bos, soalnya hardisk saya bagi menjadi 2 bagian satu data c, dan d, saya mau format yang c, setalah di format muncul sperti penjelasan boss di atas, jika waktu kita milih disk 0 dan di clean, apakah itu sama dengan di format lagi? atau data d saya ikut ke format? mohon penjelasannya boss 😀

Tag: ,