Cara install wordpress di cPanel

Ada banyak cara untuk mengawali pembuatan sebuah website dengan platform WordPress di cPanel. Namun kali ini saya mau bagikan cara install wordpress secara manual di cPanel (secara teknis hampir sama seperti Cara install wordpress di Computer). Pertama-tama anda harus sudah memiliki domain dan hosting sebagai nama alamat website dan tempat anda menyimpan semua file website wordpressnya. Kalau sudah ada, silahkan login ke cPanel hosting kalian. Username dan password cPanel akan diberikan provider ketika anda membeli hostingnya.

Untuk lebih lengkapnya simak hal-hal yang dibutuhukan sebelum kita memulai install wordpressnya :

  1. Pilih nama domain yang terbaik untuk orang bisa mengenal website anda dengan cepat. Kalau di web saya ini domainnya indotutorial.com.
  2. Pilihan kedua yaitu provider hosting terbaik sesuai dengan budget anda. Hosting Provider ini sangat penting karna masalah kecepatan, harga, downtime dan support team menjadi pertimbangan anda untuk kemana anda akan memilih. Baca artikle berikut mengenai Hosting Provider Terbaik di Indonesia versi IndoTutorial.com.
  3. Download file wordpress terbaru disini.

    Pastikan hosting yang anda beli sudah tersedia control panel cPanel (ada banyak control panel web hosting yang gratis antara webmin-virtualmin, webuzo, vestacp).

Langsung saja berikut langkah-langkah Cara Install WordPress di cPanel :

Step 1 : Login ke cPanel account website anda dengan menggunakan username dan password yang dishare provider hostingnya.


Step 2
: Pilih File Manager, kemudian ada new tab File Manager. Pilih public_html.
Cara-install-wordpress-di-cpanel


Step 3
: Klik upload diBar sebelah atas, maka akan ada new tab untuk upload files ke alamat “/home/username/public_html”. Lihat gambar dibawah :


Step 4
: Klik tombol Select File, kemudian pilih file zip wordpress terbaru yang tadi disiapkan. Tunggu sampai loading barnya mencapai 100% dan berwarna Hijau.


Step 5
: Setelah itu click Link GO BACK TO… atau anda bisa close tab upload file ini. Lihat gambar dibawah ini :

cara-install-wordpress-di-cpanelUpload-indotutorial


Step 6
: Kemudian masuk di tab File Manager tadi (klik reload untuk refresh halaman folder public_html), klik rar file wordpress yang terlihat dan klik kanan kemudian extract file di folder public_html (default nya yaitu di Folder baru bernama wordpress, kemudian move semua file di folder wordpres ke folder public_html.
cara-install-wordpress-di-cpanel-indonesia-tutorial


Sampai disini kita sudah 50% dalam penyelesaian.


Tahap berikutnya adalah membuat database website kita. Langkah-langkahnya :

Step 1 : Kembali ke cPanel control anda dan pilih MySQL Databases.
cara-install-wordpress-di-cpanel-database-mysql


Step 2
: Dalam tab yang sama silahkan anda masukkan nama database baru dan klik tombol Create Database (nama databasenya = username_namadatabase).
cara-install-wordpress-di-cpanel-mysql-database


Step 3
: Back Kemudian scroll kebawa dan pada MuSQL Users Add New User, dengan Username = username_namauser. Dan password yang kita buat sendiri (username dan password ini akan digunakan untuk koneksi database wordpress). Pastikan password yang anda masukkan strengnya 100%.


Step 4
: Back Kemudian klik tombol Create User.
cara-install-wordpress-di-cpanel-create-user


Step 5
: Setelah itu scroll kebawa dan lihat di Add User To Database, Pilih Nama Database dan Nama User yang tadi dibuat.
cara-install-wordpress-di-cpanel-adduserdatabase


Step 6
: Kemudian pilih semua ALL PRIVILEGES, scroll kebawah dan klik tombol Make Changes, kemudian back to cPanel.
cara-install-wordpress-di-cpanel-all-privileges


Sampai disini kita sudah berhasil membuat database dan file wordpress di hosting kita. Langkah selanjutnya adalah kita akan memulai menjalankan proses penginstalan wordpress dengan cara :


Step 1
: Pergi ke new tab browser dan klik nama domain yang tadi kita beli. (Jika pada saat kita membeli Domain dan Hosting secara terpisah providernya, maka kita membutuhkan langkah tambahan yaitu Cara Pointing Domain dan Hosting nya, sehingga Domain dan Hostingnya bisa berkomunikasi).


Step 2
: Setelah kita masuk pada domain yang kita buat, maka akan muncul tampilan awal penginstallan wordpress pemilihan bahasa yang digunakan, seperti berikut :
cara-install-wordpress-di-cpanel-language-selection


Step 3
: Pilih bahasa indonesia atau by default nya bahasa inggris.


Step 4
: Kemudian pilih setup koneksi wordpress database yang dibuat. Klik Lets Go.


Step 5
: Masukkan database name, user name, password sesuai dengan yang telah kita buat sebelumnya di MySQL Databases (Untuk Database Host dan Table Prefix dibiarkan default).
cara-install-wordpress-di-cpanel-databasename


Step 6
: Klik Run the Install. WordPress akan membuat table di database yang kita buat (bisa anda lihat di PHPMYADMIN secara visual dari database dan tabel yang dibuat).


Step 7
: Kemudian, silahkan masukkan Informasi Website anda ; Site Name, Username, password (untuk login di cms wordpress nanti) dan email.


Step 8
: Klik tombol install wordpres.
cara-install-wordpress-di-cpanel-wpinfo


Selesai.
Sekarang anda bisa login ke CMS wordpress dengan username dan password yang dibuatkan tadi.


Catatan :

Saat ini disetiap Hosting cPanel, rata-rata sudah memiliki software one click untuk menjalan Installasi WordPress dengan gampang. Namun jika dengan cara manual ini anda bisa melalukannya dengan benar, saya jamin konsep ini sangat membantu anda untuk lebih mengerti dasar-dasar CMS WordPress mengenai folder, file dan database. Dalam hal ini catatan yang harus kita ketahui bahwa dalam system cms wordpress, Database, Folder WP-CONTENT dan File WP-CONFIG.PHP merupakan inti dari system yang dibangun, yang sangat berguna untuk Update WordPress Secara Manual dan Backup System WordPress Secara Manual.

Hal berikutnya setelah WordPress anda install saya sarankan untuk anda baca Tutorial Cara Install Let’s Encrypt SSL di cPanel.

#cPanel #wordpress #install #tutorial #indotutorial

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: ,