Cara Manual Update WordPress

WordPress adalah sebuah platform aplikasi open source yang secara gratis dapat di download dan digunakan untuk pengembangan sebuah website, blog dan berbasis CMS (content management system). WordPress sangat populer digunakan di dikalangan pemula hingga expert web developer. Lebih dari 50 % jumlah website diseluruh dunia menggunakan CMS WordPress. Pengembangannya yang terus menerus menjadi lebih baik dan selalu uptodate dengan kebutuhan dan kemajuan teknology membuat wordpress banyak digemari developer.

Pada kesempatan ini saya akan fokus menjelaskan mengenai Cara Manual Update WordPress. Jika kita memiliki website atau blog yang tidak pernah diupdate system wordpressnya, maka dengan demikian kita sedang membuka peluang untuk website kita terbuka cela untuk dihack dll. Update wordpress ini sendiri memiliki tujuan untuk pengembangan system, security dan memperbaiki kelemahan/bug yang ada di versi sebelumnya, speed yang lebih baik dan vitur-vitur baru dapat kita gunakan untuk memperb

Hal-hal yang diperhatikan sebelum update wordpress ke versi yang terbaru :

  1. Perhatikan plugin-plugin yang digunakan apakah sudah compatible dengan versi wordpress terbaru.
  2. Lihat spesifikasi hosting apakah versi php atau ketentuan hosting adakah yang tidak compatible dengan kebutuhan.
  3. Selalu backup data website dan database untuk arsip.

Berikut langkah-langkah Cara Manual Update WordPress :

  1. Backup Data Website dan Database.
  2. Matikan Semua Plugin Yang Terinstall.
  3. Download wordpress versi terbaru dan upload ke Folder public_html.
  4. Simpan Folder wp-content, file wp-config.php dan google webmaster code sebagai 3 data penting.
  5. Semua folder dan file lainnya direplace dengan folder dan file terbaru dari wordpress extract.

Setelah sampai ke langkah ini seharusnya wordpress anda sudah bisa dijalankan dan coba masuk ke admin dashboard dan lihat versi wordpressnya. Pasti sudah yang terbaru.


Catatan :

Secara teknis, update wordpress secara manual lebih aman dibandingkan dengan update otomatis dengan menambahkan code di wp-config.php dan update dari dashboard admin wordpress. Hal ini dikarenakan jika kita secara otomatis update, ini sangat riskan karena website wordpress kita akan otomatis tanpa mention akan langsung update. Bayangkan jika saat update ada user yang lagi online atau website anda pengungjungnya sudah ribuan dan tiba-tiba down di peak hour. Cara yang menurut saya gampang yaitu dengan update di dashboard admin wordpress. Karena kita hanya klik button update dan langsung terupdate website wordpress kita. Namun dari beberapa pengalaman saya, website wordpress saya bisa error di core ketika mungkin internet tidak stabil, server dalam keadaan tidak sehat bandwidth dan performa, atau kompatibilitasnya tidak terpenuhi dengan spesifikasi dari server.

#wordpress #updatemanual #updatewordpress

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: , ,