Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Analisa suatu website dimulai dari kita mengetahui pengunjung website kita kemana mereka pergi, halaman mana yang sering dikunjungi, dan statistik ini menjadi tolak ukur pengembangan website kita. Trafic website anda akan dianalisa dengan adanya Google Analytic ini. Sebuah platform dari Google yang menurut saya sangat berguna untuk mengetahui sumber trafic, statistik traficnya, mulai dari sumber organik dan dari social media, perilaku pengunjung hingga kita bisa membuat konversi dari goal kita. SEO analisa dibantu dengan adanya google analytics sehingga keyword dari setiap strategy yang kita bangun di setiap halaman page website kita dapat ditingkatkan lagi.

Yang dibutuhkan sebelum memulainya yaitu anda harus sudah punya Akun Google Analytics. Dengan memiliki email account google (gmail) kita sudah bisa mendaftar Akun Google Analytics. Caranya tinggal SignUp dengan pergi ke halaman utama Google Analytics disini. Anda akan diminta memasukkan username gmail dan password.

Langsung saja saya akan share bagaimana Cara Memasang Google Analytics di WordPress :

Step 1 : Setelah anda masuk ke page Google Analytics, silahkan Sign Up untuk memproses Akun baru anda.
cara-memasang-google-analytics-di-wordpress-signup


Step 2
: Jika anda sudah memiliki akun google analytics maka untuk menambah akun baru lagi Anda harus ke Admin, Kemudian pilih Buat Akun (bisa juga dengan Buat Property) Tujuannya sama hanya pengelompokan ID pelacaknya yang dibedakan.


Step 3
: Setelah itu masukkan Nama Akun, Nama Website, url Website, Kategory, Time Zone. Lihat Gambar Berikut :

cara-memasang-google-analytics-di-wordpress-Add-Account cara-memasang-google-analytics-di-wordpress-Add-Get-tracking


Step 4
: Jika Semua sudah diisi, silahkan Klik Tombol Dapatkan ID Pelacaknya.


Jika langkah ini selesai dengan kata lain anda sudah berhasil membuat Aku Google Analytics dan mendapat ID Pelacakan dan Tag Situs Global (gtag.js) Script untuk dipasang di WordPress kita.


Langkah Berikutnya adalah kita memasang ID Pelacak dari google ke Website WordPress kita. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Antara lain dengan menggunakan Plugin (cara yang paling gampang) Google Analytics, cara kedua memasukkan code gtag.js di bagian file header.php wordpress kita dan cara yang terakhir hampir sama dengan cara kedua yaitu membuat fungsi baru untuk dimasukkan di file functions.php wordpres.

Untuk kesempatan ini saya mau menjelaskan cara yang ketiga. Karena menurut saya ini cara yang lebih unik dan kita bisa sambil belajar coding. Berikut langkah-langkahnya :


Step 1
: Login ke dashboard wordpress anda kemudian, masuk ke tampilan/appearance kemudian ke Editor.

cara-memasang-google-analytics-di-wordpress-editor


Step 2
: Kemudian lihat disamping kanan carai file code header.php.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress Header script


Step 3
: Setelah itu masukkan code berikut plus Script Global Site Tag gtag.js dari google dibagian bawah code yang sudah ada.


Codenya sebagai berikut :

add_action(‘wp_head’,’my_analytics’, 20);function my_analytics() {
?>
<script>DISINI LETAK gtag.js script dari google</script><?php
}


Step 4
: Save editan kita dengan klik tombol Update File.


Selesai kita sudah berhasil memasang ID Pelacak dari google di website wordpress kita. Bisa kita lihat dengan pergi ke google analytics dashboard, kemudian pada bagian laporan di kiri menu cari Real-Time. Jika anda sedang membuka website wordpress anda, maka akan terlihat 1 Desktop Aktif seperti contoh gambar dibawah ini :

cara-memasang-google-analytics-di-wordpress-Real-TIme


Catatan :

Saya sangat rekomendasi anda untuk memasang google analytics di wordpress anda sehingga bisa ditracking/dilacak serta di analisa data trafic hingga membuat konversi jika web e-commerce anda ingin dianalisa lebih lanjut. Platform gratis dari google ini sangat membantu saya dalam membuat konten dan strategy untuk pengembangan website client dengan service SEO atau Digital Marketing. Mau belajar lebih lanjut mengenai digital marketing dan SEO ?, silahkan baca tutorial berikut ini.

#google #wordpress #googleanalytics #trafic #analisa #data

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: ,