Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress

Komentar adalah bagian terpenting dalam sebuah post artikel baik itu tutorial, berita ataupun blog karena dengan menyiapkan bagian komentar kita sedang membuka peluang untuk para pengunjung menjadi pembaca setia website kita. Dimulai dari berkomentar menjadikan relasi antar penulis/admin website dengan pengunjung menjadi interaksi komunikasi yang aktif, hingga menjadi peluang share back content website si pungunjung sebagai promosi gratis.


Mau membuat content atau artikel mengenai jasa atapun bisnis anda ? silahkan hubungi kami. Mumpung masi Gratis.


Namun dari pengalaman saya dalam menggunakan kolom komentar bawaan wordpress ini sangat sederhana dan penyesuaian keinginan admin dalam pengembangannya juga sangat sedikit. Bukan cuman itu, saya pun menemukan kendala-kendala yang membuat kinerja bagian komentar ini tidak maksimal, antara lain spam komen, berat sehingga membuat loading page lama dan tampilan yang tidak reponsive/kaku.

Terlepas dari semua ini banyak developer yang mengembangkan komentar plugin untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di platform wordpress. Jadi menurut saya memilih plugin apa yang digunakan adalah masalah krusial dalam meningkatkan performa dan tampilan wordpress.


Nah, berikut ini saya rangkumkan beberapa point pertimbangan sebelum anda memilih komentar plugin apa yang cocok buat theme dan website saya.

  1. Compatible dengan theme dan versi wordpress yang digunakan.
  2. Hadir dengan system penyaring spam komentar otomatis yang bagus.
  3. Ringan dalam arti tidak memberatkan loading page server sendiri.
  4. Jika website anda berskala besar, sebaiknya komentar-komentar bisa tersimpan di database sendiri. Ini bisa membantu dalam data tracking atau analisa.
  5. Komentar bersifat live, artinya waktu diposting, system sudah bisa memfilter dan mempostingnya.
  6. Jika website anda berskala kecil, maka gratisan menjadi nilai penting.
  7. System managing yang komplit.
  8. Bug system yang sedikit atau free bug plugin.
  9. Tampilan yang uptodate, lebih keren dikit dari yang bawaan aja udah ok.

Jika anda memiliki point yang lain silahkan share juga.


Kemudian, ada beberapa plugin komentar yang sudah saya testing dan gunakan dan masuk dalam kategory terbaik untuk aplikasikannya di wordpress. Dari keselurahan ada 3 plugin yang menurut saya terbaik.


Plugin 1 : Disqus

Plugin yang sangat keren dengan tampilan yang interaktif dan responsive. Dibeberapa tahun belakangan ini, plugin Disqus menurutku yang terbaik. Pada saat pertama kali dikenali di wordpress integration, plugin ini sangat diminati dan banyak digunakan. Hampir tidak ada bug selama saya menggunakan plugin ini. Kelemahan mendasar hanya plugin ini agak sedikit berat jika komentar sudah banyak di page loadnya. Namun seiring berkembang waktu, menurut saya plugin ini sudah mulai tergantikan beberapa plugin yang terbaru dan bagus yang diakibatkan karena banyaknya bug dari adanya error integrasi sampai pada ads spam yang muncul pada theme tertentu.


Plugin 2 : WpDiscuz

Untuk beberapa saat lalu saya menggunakan plugin ini sebagai system komentar yang digunakan di setiap post tutorial website berita. Namun beberapa kelemahan dari ketidak stabilan system di mobile viewer dan realtime live nya kadang tidak berfungsi. Plugin ini semua komentar tersimpan di server website sendiri yang mana jika komentar sudah banyak diskusinya akan memberatkan wordpress kita, namun bisa juga menjadi suatu kelebihan yaitu seluruh data komentar dapat kita miliki secara permanen hanya di server kita. Plugin ini juga sebenarnya memiliki fitur-fitur yang bagus jika kita berbayar. Banyak sekali addon berbayar yang menurut saya keren-keren. Mau mencobanya ? silahkan download disini.


Plugin 3 : Super Socializer

Kalau plugin yang satu ini adalah combine plugin dari komentar facebook, komentar wordpress bawaan, komentar Google+ dan komentar Disqus. Fitur dari plugin ini juga bisa sebagai login social media dan juga share button social media. Jadi bisa dikatakan plugin ini sekali install membawa tiga kegunaan yaitu mengenai komentar, social media login dan share button. Sangat dibutuhkan pada web yang baru dibangun, jika membutuhkan ketiga kegunaan ini saya sangat menyarankan untuk sekali install dengan satu plugin ini. Bug yang sangat krusial di plugin ini yaitu error icon di AMP. Namun sudah dibaharui dua hari yang lalu semenjak artikel ini dibuat dan sudah fix. (24 Januari 2019).

Kemudian dikesempatan kali ini saya mau share untuk cara memasang plugin Super Socializer sekaligus setupannya, khususnya dibagian komentar.


Langsung saja berikut Cara Memasang Plugin Super Socializer di WordPress
:


Step 1
: Login ke dashboard wordpress admin anda.


Step 2
: Tambahkan plugin baru Super Socializer, install dan aktifkan.

Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress install plugin


Step 3
: Setelah aktifkan plugin ini, akan ada 2 notifikasi baru yang mengharuskan kita untuk update policy page kita, sebagai General Data Protection Regulation dan menginfokan kita akan ada show popup feature.

Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress Notifikasi


Step 4
: Klik okay untuk melanjutkan setupan kita.


Step 5
: Sebenarnya sampai disini bisa kita lihat bahwa, 3 kegunaan plugin ini sudah aktif. Coba check dengan melihat salah satu post anda. Share button akan kelihatan di bawah Judul Post dan Komentar akan bertambah satu option Facebook Komentar.


Step 6
: Selanjutnya kita akan mengatur kolom komentarnya dengan pergi ke Super Socializer -> Social Commenting.


Step 7
: Pertama-tama silahkan centang check box diatas bagian general untuk mengaktifkan fungsi kolom komentar ini.

Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress - MasterKontrolnya


Step 8
 : Lihatnya di General Option Pada Order of Tabs in Commenting Interface, ini mengartikan urutan tab komentar kita mulai dari apa. Kalau di kasus saya dari wordpress,disqus,facebook,googleplus. Anda bisa menggantikan urutannya ataupun jumlah tabs nya, dengan tanda koma ( , ) sebagai pemisah interface. Misal anda mau membuat hanya ada 3 tabs dengan urutan, facebook komentar, disqus dan google+ komentar. Maka di field ini masukan : facebook,disqus,googleplus

Kemudian gantikan label dari tabs komentarnya.

Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress-LabelSCommenting

 

Step 9 : Untuk jumlah tabs aktif anda bisa mencentang check di bagian bawah pagenya. seperti berikut : (Width nya bisa anda sesuai keinginan lebar kolomnya, ataupun dibiarkan kosong untuk default settingnya – Begitupun dengan  Url to coment on – dibiarkan kosong direkomendasi.

Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress - Check Aktifasi

Samakan Langkah ini untuk bagian wordpress komentar, facebook komentar namun untuk disqus, kita masi butuh satu langkah lagi yaitu memasukan username disqus anda.

Cara Memilih dan Memasang Plugin Komentar Untuk Meningkatkan Performa dan Tampilan WordPress - disqus


Step 10
 : Klik Simpan dibagian bawah page untuk semua settingan kita diaplikasikan.


Sampai disini kolom komentar kita sudah siap untuk digunakan. Dan anda sudah memiliki kolom komentar yang powerfull dan keren.


Catatan :

Dari semua penjelasan diatas saya lebih mengutamakan pengalaman saya sendiri. Dan saya tahu bahwa setiap kita akan dihadapi dengan error yang berbeda-beda sesuai dengan server, theme dan faktor lainnya. Artinya plugin yang saya pilih diatas sebagai plugin kolom komentar yang saya pakai di web indototurial.com ini adalah berdasarkan kebutuhan, kompatible theme dan kinerja plugin itu sendiri. Saran saya plugin ini sangat berguna jika website anda baru dibangun. Dimana sekali anda install maka 3 kegunaan sudah anda dapatkan. Yaitu sebagai kolom komentar, social media share dan login dengan social media.

#wordpress #socialmedia #komentar #sharebutton #disqus #facebook #googleplus

 

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: , , ,