cara-mengatur-spasi-di-postingan-wordpress-oleh-indotutorial

Cara Mengatur Spasi di Postingan WordPress

Mengatur spasi di postingan wordpress ini terkadang membuat saya sedikit kebingungan karena secara default visual edit post di wordpress yang baru Gutenberg Editor (WordPress 5.03) ataupun yang lama (WordPress versi dibawah 5.0) kita hanya tekan enter untuk mendapatkan spasi untuk memulai paragraf yang baru. Hal ini terjadi ketika saya menggantikan thema wordpress saya yang baru. Hampir semua postingan saya untuk default paragraf spasi tidak terbaca alias tidak ada spasi line di setiap paragraf baru di postingan wordpress.

Kemudian saya mencoba mengedit di Editor Theme saya dengan mencari bagian post dan lline height nya. Setelah mencari-cari di css file editor (setelah melakukan inspection dari theme code yang saya gunakan), saya menemukan banyak settingannya. Dengan kata line spasi untuk paragraf post berbeda dengan line spasi untuk header 1, 2, 3 dst. Karena banyak yang harus saya edit saya putuskan untuk mengedit CSS dari customize settingan theme saya.

Langsung saja, berikut Cara Mengatur Spasi di Postingan WordPress :

Step 1 : Login ke dashboard wordpress admin anda.


Step 2
: Masuk ke Appearance/Tampilan, Kemudian pilih Customize/Sesuaikan.


Step 3
: Kemudian lihat di sebelah kiri page paling bawah, anda akan menemukan Additional CSS/Tambahan CSS.

Cara Mengatur Spasi di Postingan WordPress CSS Tambahan


Step 4
: Pada page CSS Tambahan/Additional CSS, masukkan code CSS berikut :

.post p {
line-height: 2em;
padding-bottom: 15px;
}

Lihat gambar dibawah ini :

Cara Mengatur Spasi di Postingan WordPress CSS Tambahan Code


Step 5
: Klik Terbitkan/Publish untuk aplikasikan code CSS yang kita buat.

Sedikit penjelasan mengenai codenya. Untuk kelas CSS .post yang kita pakai ini sebenarnya bawaan dari kelas CSS dari theme yang saya gunakan dan WordPress akan secara otomatis membuat area konten semua posting dan tidak berkaitan ditempat lain selain post (rata-rata CSS setiap theme kelas nya menggunakan .post). Kemudian maksud CSS yang dipakai di atas yaitu akan mengubah spasi paragraf menjadi 1.5em (em itu satuan lebar untuk tipografi), dan bottom spasinya 15px. Hal ini berjalan seperti double spasi setup di office word. Jika anda ingin mengubah besar spasinya, silahkan secara bebas mengedit nilai 2em dan 15px nya.


Catatan :
Setelah menambahkan code CSS ini akhirnya semua postingan saya kembali seperti postingan sebelumnya di theme saya yang lama. CSS style untuk setiap theme bawasannya berbeda-beda kelas yang digunakan. Namun pada dasarnya default dari kelas-kelas CSS ini dapat kita ketahui dengan menginspeksi core code theme tersebut. Untuk lebih jelas mengenai Cara Inspect CSS code WordPress untuk mengetahui sebuah kelas CSS yang mau kita edit, anda bisa membaca tutorial berikut : Cara Edit Style Menu Navigasi WordPress Secara Manual.

#wordpress #post #CSS #style #code

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: , ,