Cara Verifikasi WordPress di Google Webmaster Tools

Untuk membuat website wordpress kita dikenal di search engine yang paling powerfull saat ini yaitu google adalah dengan cara verifikasi wordpress di google webmaster tools. Terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu google webmaster tools.

Google Webmaster tools ini adalah sebuah platform dari Google yang disediakan untuk para webmaster/publisher/web developer/bloger dll dimana fungsinya agar website yang dibangun bisa dikenal oleh search engine google/lebih mudah untuk ditemukan di search engine serta untuk keperluan kepemilikan dan analyst seperti performance website, url inspection, coverage page, sitemap setup dan link. Dengan tools ini Anda dapat mengenal query dari hasil search dimana halaman dari website Anda muncul dan kita akan mengetahui seberapa sering diklik. Hal ini dapat membantu kita untuk membuat strategi digital marketing untuk pengembangan website kita kedepan. Seperti peningkatan SEO onpage ataupun metasearch dan backlink.

Ok sampai disini saya yakin anda sudah mengerti. Untuk selebihnya silahkan praktek sendiri tools yang powerfull ini. Pertama anda harus sudah memiliki account google. Kalau belum silahkan baca tutorial cara membuat account google.

Berikut langkah-langkah cara verifikasi wordpress di Google Webmaster Tools :

Step 1 : Pergi ke page Google Webmaster Tools


Step 2
: Klik Add Properti pada pojok kanan atas website, masukkan nama url website, kemudian klik button ADD.

cara-verifikasi-wordpress-di-google-webmaster-tools-addproperty-old

Saat ini Platform Webmaster tools dari google ini sudah membuat tampilan baru. Sehingga untuk tampilan baru, anda silahkan silahkan lihat gambaar berikut :
 cara-verifikasi-wordpress-di-google-webmaster-tools-addproperty


Kemudian akan muncul form Add Site Url :

cara-verifikasi-wordpress-di-google-webmaster-tools-addproperty-New


Step 3
: Klik continue untuk menambah properti websitenya.


Step 4
: Kemudian kita masuk pada Verifikasi Website WordPress kita. Ada beberapa cara verifikasi wordpress di google webmaster tools, yaitu dengan menggunakan plugin di wordpress dan memasang kode verifikasi kita di script header wordpress. Pluginnya bernama Insert Headers and Footers. Setelah activasi plugin, pergi ke SETTING dan Pilih Insert Headers and Footers, kemudian paste HTML Tag dari Google Webmaster Tools dan paste ke bagian script in header.


Code meta nya seperti berikut :

<meta name=”google-site-verification” content=”KodeVerifikasi” />


Cara yang lainnya yaitu :

Step 1 : Mendownload html file dari Google Webmaster Tools dan upload ke Folder public_html hosting kita. Lihat pada gambar dibawah, kita harus mendownload file google—-.html.
cara-verifikasi-wordpress-di-google-webmaster-tools-verifikasihtml


Step 2
: Kemudian kita upload pada cPanel kita di folder public_html (dengan ketentuan bukan Addon Domain). Berikut gambarnya setelah diupload :
cara-verifikasi-wordpress-di-google-webmaster-tools-upload-google-verification-code
Terlihat bahwa ada file baru google—-.html ada pada public_html folder di hosting kita.


Step 3
: Setelah diupload ke Folder public_html hosting kita, balik ke google webmaster tools dan klik verify. Done.

cara-verifikasi-wordpress-di-google-webmaster-tools-verifikasihtml DOne


Jika semua langkah telah benar, maka akan ada notifikasi bahwa selamat kita sudah sukses memverifikasi kepemilikan website baru.


Catatan :

Google Webmaster Tools sangat mudah untuk kita gunakan dalam meningkatkan performa website wordpress kita di search engine dan sangat membantu website kita dikenal di search engine google. Hal yang relate dengan ini semua saya sarankan and membaca tutorial kami berikutnya yaitu Cara Setting Google Analytics di wordpress. Dua tutorial ini sangat membantu anda dalam jejak awal belajar Digital Marketing.

#wordpress #google #webmastertools #tutorial #indonesiatutorial

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: ,