Setup Backup Hardisk External pada NAS System by IndoTutorial

Setup Backup Hardisk External pada NAS System

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara Setup Backup Hardisk External pada NAS System. NAS yang saya gunakan yaitu QNAP TS-451A 4 bay dengan system Snapshoot running sebagai backup. Namun backup ini hanya bersifat sementara di HD aktif NAS itu sendiri. Sehingga saya menambahkan double Backup dengan external hardisk yang terkoneksi dengan USB.

Langsung saja Cara Setup Backup Hardisk External pada NAS System :

Step 1 : Login ke Admin NAS system, sambil menyiapkan HD external yang dikoneksikan dengan USB 3.0 pada NAS.

FYI : HD untuk NAS itu berbeda dimana memang di setup untuk ketahanan lebih. 24 jam running. Sehingga saya gunakan HD NAS juga sebagai HD Externalnya yang di gabung dengan Case HD 3.5 USB 3.0 dan Adaptor (Kalau pakai HD External langsung yang biasa juga bisa).

Step 2 : Setelah HD nya di koneksi ke NAS dan login, maka akan ada notifikasi bahwa HD kita detected.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System USB Drive Kedetect

Step 3 : Masuk pada HD External Systemnya dengan klik dari notifikasi yang ada, atau bisa buka lewat System -> Storages and Snapshoot -> External Storage.

Step 4 : Open Device HD nya, dan klik kanan untuk Format HD Externalnya. Karena kita ingin menggunakan data untuk bisa digunakan di Linux, maka format as EXT4. (Setup NTFS bisa digunakan di Windows data formatnya). Label dikasi nama dan Format. Tunggu sampai selesai.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System format

Setup Backup Hardisk External pada NAS System formatYESYES

Step 5 : Setelah HD sudah ready untuk digunakan di NAS, kita masuk ke Aplication -> Backup Station. Kemudian pilih External Drive pada menu sebelah kiri.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System ExternalDrive

Step 6 : Mulai Create Job untuk Jadwalin Backup Systemnya, dengan klik Create a Job and Next.

Step 7 : Pada bagian Select Sync Locations, Pilih Drive HD External yang sudah ready, kemudian uncentang MAP this backup job to the volume ID only, dan pilih From Local Disk to External Storage. Klik Next.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System CreateJOB

Step 8 : Pada bagian Configure Multiple Folder Pairs. Pilih Folder dari Source (Local Drive di NAS), ke Destination Folder di External Drive (kita bisa membuat Folder baru di HD External). Kemudian klik ADD. Setelah selesai klik Next.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System FolderCreated

Step 9 : Pada bagian Replication Schedule saya memilih membuat Backup Setiap hari di jam 2 pagi. Dan setup Policy untuk mengatur Jalannya backup ini. Klik Next.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System Schedule

Step 10 : Pada bagian Configure Sync Policy saya memilih Delete Extra File, Overwrite File dan Filter system files. Hal ini agar data folder kita yang setiap hari di backup akan ditumpuk (overwrite, dan akan mendelete extra file yang tidak dibutuhkan serta akan filter system files bawaan). Klik Next.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System Policy

Step 11 : Pada step berikutnya kita langsung Next saja, ini berkaitan dengan Filter Sync Filenya. Next.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System Sync

Step 12 : Berikan nama Job yang mau dibuat dan klik Next, kemudian ada Detail Job yang kita sudah setup, klik next dan finish.

Setup Backup Hardisk External pada NAS System NameJOB

Sekarang Setup Backup Hardisk External pada NAS System sudah selesai. Bisa di edit setupkannya ataupun menjalankannya pada menu disamping Job Created tersebut.

Terima kasih.

Baca Juga :

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp
Cara Create Web App di Google Account

#NAS #QNAP #Backupfiles

Bagikan :

Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Tag: , ,